Senin, 21 Januari 2013

MANAJEMEN KOPERASI




   BAB 3
MANAJEMEN KOPERASI

Pentingnya Manajemen Dalam Koperasi
Manajemen merupakan salah satu bagian penting dari organisasi koperasi. Berhasil tidaknya suatu koperasi sangat tergantung pada mutu dan kerja dalam bidang manajemennya.
Dalam proses penyelenggaraan usaha kerjasama, manajer itu melakukan pekerjaan dari dua segi:
1.      Menggerakkan orang-orang, yaitu mendorong, memimpin, menjuruskan, dan menertibkan orang-orang agar melakukan perbuatan dalam menuju ke arah tercapainya tujuan yang telah ditentukan dalam usaha kerjasama itu.
2.       Mengerahkan fasilitas, yaitu menghimpun, mengatur, memelihara, dan mengendalikan alat, benda, uang, waktu, dan metode kerja serta peralatan apapun lainnya yanng diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dalam usaha kerjasama itu.
Didalam menggerakkan orang-orang danmengarahkan fasilitas manajer melakukan lima pola perbuatan:
1.      Perencanaan
2.      Pembuatan Keputusan
3.      Pembimbingan
4.      Pengkoordinasian
5.      Pengendalian

Langkah-langkah yang diambil dalam memecahkan masalah sesuatu persoalan adalah:
1.    Membuat persoalan yang dihadapi menjadi jelas dan terang
2.    Mencari alternatif-alternatif untuk memecahkannya
3.    Memilih salah satu cara yang paling sesuai dengan tujuan koperasi
4.    Menilai hasil cara tersebut

Fungsi Manajemen Koperasi
ada dua tugas pokok yang berbeda dengan badan usaha lain, yaitu:
Ø  Memelihara atau mempertinggi moral atau jiwa koperasi pada anggota.
Ø  Mencapai keberhasilan usaha.

secara umum fungsi manajemen koperasi dibedakan dalam lima fungsi sebagai berikut:
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Fungsi Pengarahan
4.      Kepemimpinan
5.      Pengendalian

Perencanaan
Perencanaan adalah suatu proses perumusan program beserta anggarannya, yang harus dilakukan oleh sebuah koperasi sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan strategi yang hendak dilaksanakan.


Ada empat langkah penting dalam perencanaan:
1.      Menentukan tujuan/sasaran
2.      Mencari alternatif-alternatif
3.      Menyeleksi alternatif-alternatif
4.      Perumusan perencanaan
Penentuan tujuan atau sasaran adalah penting bagi setiap organisasi karena:
1.      Memberikan arah
2.      Akan memfokuskan usaha kita
3.      Menjadi pedoman bagi penyusunan rencana strategis maupun rencana operasional serta pemilihan alternatif-alternatif keputusan
4.      Membantu kita mengevaluasi kemajuan yang kita capai
Langkah-langkah membuat rencana adalah:
1.      Menetapkan tujuan kerjasama yang hendak dicapai untuk memberikan arah kemana koperasi itu harus dipimpin
2.      Menentukan cara-cara untuk mencapai tujuannya
3.      Sesudah diketahui macam-macam cara untuk mencapai tujuan maka diputuskan alternatif yang akan diambil
4.      Sebagai lanjutan dari putusan dalam mengambil suatu cara atau alternatif adalah menunjuk orang-orang yang diperlukan
5.      Memerinci tanggung jawab dan kekuasaan dari masing-masing orang yang ditunjuk
6.      Mengecek apakah hasil akhir operasi koperasi sudah cocok dengan apa yang direncanakan

Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah pembagian tugas dan wewenang dalam koperasi diantara para pelaku yang bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana-rencana koperasi itu.

Kepemimpinan
Menurut Ralp M. Stogdill, kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi aktivitas kelompok yang ditujukan pada pencapaian tujuan tertentu
James A.F. Stoner memberikan definisi kepemimpinan manajerial sebagai sutau proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya

Ada 3 gaya kepemimpinan
}  Otoriter
}  Demokratis
}  Kebebasan

{{{{{
Pengendalian
Pengendalian adalan upaya yang dilakukan oleh kewenangan yang lebih tinggi untuk mengukur tingkat kesesuaian antara rencana yang telah ditetapkan dengan hasil yang telah dicapai, atau upaya untuk memastikan bahwa kebijakan yang telah dirumuskan telah dilaksanakan dengan semestisnya oleh karyawan.



Pelaksanaan
Aspek terpenting pada tahap pelaksanaan ini adalah :
}  Aspek koordinasi
}  Aspek monitoring

Aspek-Aspek Manajemen Koperasi
Manajemen operasi adalah salah satu aspek dari manajemen koperasi yang memusatkan perhatiannya terhadap pengelolaan variabel-variabel kunci yang menentukkan tercapainya efisiensi dan efektivitas kegiatan utama koperasi secara optimal.

Manajemen Keuangan
Pusat perhatian manajemen keuangan adalah terhadap pengelolaan berbagai aspek keuangan suatu usaha.





Manajemen-manajemen dari manajemen keuangan:
}  Manajemen modal kerja
}  Manajemen kas
}  Manajemen piutang
}  Manajemen persediaan
}  Manajemen investasi jangka pendek







Manajemen Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh suatu usaha untuk menimbulkan permintaan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan.
Beberapa kegiatan pemasaran:
}  Analisis pasar
}  Identifikasi kebutuhan konsumen
}  Menyusun rencana pemenuhan kebutuhan konsumen
}  Menguji rencana pemasaran dengan menempatkan produk ke pasar
}  Evaluasi hasil-hasil pengujian rencana pemasaran.

Elemen-elemen kunci pemasaran adalah:
Ø  Perencanaan produk
Ø  Distribusi produk
Ø  Penetapan harga jual
Ø  Promosi
Ø  Pelayanan purnajual









Tidak ada komentar:

Posting Komentar